DIRGAHAYU INDONESIA, Hari Ulang Tahun Kemerdekaan KE 71 - Terus Kobarkan Semangat Memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Lomba Kolintang Sambut HUT Jalasenastri ke-70


KabarProgresif.com
Sebanyak sembilan grup musik kolintang yang beranggotakan jalasenastri armada timur mengikuti lomba kolintang tingkat Korcab di bawah daerah jalasenastri Armada Timur (Armatim) di gedung PTA Armatim, Minggu (28/8/2016).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT Jalasenastri ke-70 sekaligus mempererat tali silaturahmi demi kebersamaan dan kesejahteraan keluarga prajurit TNI Angkatan Laut (AL) dengan semangat kekeluargaan.

Masing-masing peserta terlihat tampil secara atraktif. Mereka diwajibkan membawakan lagu Mari Beramai-ramai ke Laut, dan satu lagu daerah. Khusus untuk lagu daerah, panitia tidak memberikan ketentuan khusus artinya peserta bebas membawakan lagu daerah dari mana pun.

Alunan musik kolintang terdengar merdu mengisi seisi ruangan gedung PTA. Para peserta sangat lihai memainkan jemari tangannya di atas kolintang.

Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur Ina Darwanto mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini selain menyambut HUT Jalasenastri, juga untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu jalasenastri dalam bidang seni.

"Lomba ini sebagai wujud kepedulian terhadap kesenian asli dan budaya daerah yang mulai hilang tergerus kemajuan budaya saat ini," paparnya.

Dia mengharapkan, ke depannya, bagi ibu-ibu yang suka dengan musik bisa bergabung dengan kelompok musik kolintang. Ia mengaku, pihaknya sangat mendukung dan memfasilitasinya.

"Tidak perlu takut, memainkan kolintang ini bukan hal yang mudah, perlu waktu untuk belajar memainkannya.Tapi itu bisa dilatih, asalkan serius dan bersungguh - sungguh saat latihan. Pasti akan bisa memainkannya," imbuhnya.

Sementara itu, dalam lomba ini, Lantamal XI Merauke keluar sebagai juara pertama. Disusul juara kedua yakni Lantamal VII Kupang, dan Lantamal XIV Sorong di tempat ketiga. Para juara ini mendapatkan uang pembinaan dan trophy penghargaan yang disediakan panitia.