DIRGAHAYU INDONESIA, Hari Ulang Tahun Kemerdekaan KE 71 - Terus Kobarkan Semangat Memberantas Korupsi, Terorisme dan Penyalahgunaan Narkoba

Perwira TNI AD Temukan Cat Antiradar Dari Ban Bekas


KabarProgresif.com.
Para personel Komando resort militer 044 Palembang, Sumatera Selatan berhadil menemukan cat anti radar yang dibuat dari ban bekas  "Ide dari komandan Korem, Kolonel Punto, sekitar bulan Mei lalu. Diambil dari ban bekas, dibuang kawat-kawatnya. Lalu kita proses," kata Kasie Ops Korem 044 Palembang Letkol Wahyu, dalam rakornis program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), di Balai Samudera, Jakarta Utara, Rabu (24/8/2016).

Wahyu menjelaskan, dari ban bekas, serbuk cat anti radar itupun berwarna hitam. Untuk itu dirinya optimis, jika sebuah bangunan atau kapal diolesi benda tersebut, maka radar musuh tidak akan bisa mendeteksi. "Bangunan kita cat pakai (serbuk) itu tidak terdeteksi. Kapal juga," kata Wahyu.

Sebelum diperkenalkan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, yang membuka Rakornis TMMD, Wahyu mengaku telah menguji temuan cat anti radar tersebut. Waktu itu, sebuah bangunan diolesi dan dicoba dideteksi dengan sebuah sinyal sonar. Namun, reaksinya justru menolak sinyal.

"Ini menolak sinyal. Baru kami uji pakai sinyal, pakai radar sonar," katanya.